PELUANG
A. Pengertian
Percobaan = usaha yang memunculkan kemungkinan-kemungkinan tertentu
Ruang Sampel = kumpulan semua hasil yang mungkin dari suatu percobaan.
Titik sampel = semua anggota ruang sampel.
n(S) = banyak anggota sampel
contoh:
Percobaan melempar uang logam, diperoleh
- titik sampelnya adalah gambar dan angka
- Himpunan ruang sampel , S = { Gambar, Angka}
- n(S) = 2
Percobaan = usaha yang memunculkan kemungkinan-kemungkinan tertentu
Ruang Sampel = kumpulan semua hasil yang mungkin dari suatu percobaan.
Titik sampel = semua anggota ruang sampel.
n(S) = banyak anggota sampel
contoh:
Percobaan melempar uang logam, diperoleh
- titik sampelnya adalah gambar dan angka
- Himpunan ruang sampel , S = { Gambar, Angka}
- n(S) = 2
1. Menentukan ruang sampel dapat dilakukan dengan cara sbb:
1. Membuat tabel
contoh:
sebuah percobaan melempar dua buah dadu , Ruang sampelnya dapat
dibuatkan tabel seperti tabel berikut.
Keterangan:
Titik sampel (1,2) berarti Dadu ke 1 muncul angka 1 dan dadu 2 muncul angka 2.
Ruang sampelnya S ={(1,1), (1,2),(1,3),..., (6,6)}
n(S) = 36
1 2 3 4 5 6
1 (1,1) (1,2) (1,3) (1,4) (1,5) (1,6)
2 (2,1) (2,2) (2,3) (2,4) (2,5) (2,6)
3 (3,1) (3,2) (3,3) (3,4) (3,5) (3,6)
4 (4,1) (4,2) (4,3) (4,4) (4,5) (4,6)
5 (5,1) (5,2) (5,3) (5,4) (5,5) (5,6)
6 (6,1) (6,2) (6,3) (6,4) (6,5) (6,6)
Dadu 2
D
a
d
u
1
2. Membuat Diagram Pohon
Contoh 1: Percobaan pelemparan 2 buah dadu
- Ruang sampel dari sebuah dadu adalah angka 1, 2, 3, 4, 5,6
- Ruang sampel dari dua buah dadu adalah:
Dadu 1 Dadu 2 Kejadian
1 (1,1)
2 (1,2)
1 3 (1,3)
4 (1,4)
5 (1,5)
6 (1,6)
-
1 (2,1)
2 (2,2)
2 3 (2,3)
4 (2,4)
5 (2,5)
6 (2,6)
-
1 (3,1)
2 (3,2)
3 3 (3,3)
4 (3,4)
5 (3,5)
6 (3,6)
-
1 (4,1)
2 (4,2)
4 3 (4,3)
4 (4,4)
5 (4,5)
6 (4,6)
-
1 (5,1)
2 (5,2)
5 3 (5,3)
4 (5,4)
5 (5,5)
6 (5,6)
-
1 (6,1)
2 (6,2)
6 3 (6,3)
4 (6,4)
5 (6,5)
6 (6,6)
Ruang sampelnya adalah S ={(1,1), (1,2),(1,3),..., (6,6)}
Banyaknya ruang sampel n(S) = 36
Contoh 2: Percoban pelemparan 3 buah koin uang
- Ruang sampel dari sebuah koin adalah angka (A) dan Gambar (G)
- Ruang sampel dari 3 buah koin adalah:
Koin 1 Koin 2 Koin 3 Kejadian
A AAA
A
G AAG
A
A AGA
G
G AGG
A BAA
A
G BAG
BA
A BGA
G
G BGG
Ruang sampelnya adalah = {AAA, AAG, AGA, AGG, BAA, BAG,BGA,BGG}
Banyak ruang sampelnya n(S) = 8
Menentukan banyaknya ruang sampel adalah mengalikan banyaknya sampel
dari benda-benda tersebut.
contoh 1 di atas = 6 x 6 =36 ruang sampel
contoh 2 di atas = 2 x 2 x 2 = 8 ruang sampel
B. Peluang Suatu Kejadian
Peluang suatu kejadian adalah perbandingan banyaknya kejadian (titik sampel) dengan
banyaknya ruang sampel.
P(A) =
( )
( )
P(A) = nilai peluang kejadian A
n(A) = Banyaknya kejadian A
n(S) = Banyaknya ruang sampel
nilai peluang berada diantara 0 dan1 atau 0 ≤ P(A) ≤ 1
C. Komplemen Suatu Kejadian
Jika A adalah suatu kejadian maka adalah kejadian yang bukan merupakan
kejadian A yang disebut dengan komplemen.
P(A) + P( ) = 1 maka P( ) = 1 – P(A)
D. Frekuensi Harapan
Frekuensi harapan adalah banyaknya kejadian yang bisa diharapkan dari bebearpa kali
percobaan yang dilakukan.
Misal: A adalah sebuah kejadian pada ruang sampel S, jika percobaan dilakukan n kali
maka frekuensi harapan kejadian A atau f(A) dari n kali percobaan adalah:
f(A) = n x P(A)
f(A) = frekuensi harapan A
n = banyak percobaan yang dilakukan
P(A) peluang kejadian A
sumber: https://drive.google.com/file/d/0B-RUYwG_FeTaeDBBdVBMWXl0X1U/edit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar